25 April 2024

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA BATAM

PANTANG PULANG SEBELUM API PADAM WALAU NYAWA TARUHANYA

PENANGANAN 65 PERUMAHAN BOTANIA GARDEN KEL BELIAN KEC BATAM KOTA

3 min read

Penanganan kebakaran oleh Dinas Pemadam Kebakaran di perumahan Botania Garden Blok C2 No.12 RT.001/RW043 Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota. Jum’at, 18 Juni 2021

Kebakaran terjadi pada hari Kamis, 17 Juni 2021 pada pukul 15.45 Wib, merugikan satu unit rumah di Blok C2 No.12 RT.001/RW043 Batam Kota

Tim yang terlibat di lapangan Pos Damkar Kabil dan Pos Sei Panas serta PBK BP Kabil, Dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran tahap penyelidikan.

Kebakaran dapat diatasi sampai tahap penguraian dan pendinginan pada pukul 18.00 Wib dengan menurunkan empat unit armada kebakaran gabungan (Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam dan PBK BP Batam).

Berikut Himbauan singkat tentang pencegahan dini tentang kebakaran perumahan dan lingkungan @ Datin :

Kebakaran merupakan momok yang sering menghantui kita, karena meskipun kita bisa mencegah kebakaran tetapi musibah tak pernah bisa diprediksi kehadirannya. Kerugian kebakaran juga bisa tak hanya berupa materi, namun juga kerugian nonmateri. “Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih.”

Begitulah kiranya yang dapat digambarkan ketika terkena musibah. Untuk itu, ada baiknya kita menyimak langkah-langkah mencegah kebakaran dan peralatan apa saja yang harus disiapkan sebagai pengamanan ekstra dari bahaya kebakaran jika musibah datang menghampiri.

Cara mencegah kebakaran di rumah sebagai berikut :

  1. Menjauhkan alat pemantik dan barang-barang yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak.
    Karena rasa ingin tahu yang besar, anak-anak seringkali mengabaikan bahaya yang mungkin saja terjadi jika mereka memainkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di jangkauan mereka. Untuk mencegah kebakaran di rumah, simpanlah segala macam alat pemantik dan barang-barang yang mudah terbakar seperti korek api, rokok, lilin, peralatan elektronik agar tidak mudah dijangkau anak-anak.
  2. Menjauhkan sumber api dengan barang-barang mudah terbakar
    Lilin yang menyala di dekat tirai sangat mudah menimbulkan bahaya kebakaran, begitu pula dengan rokok yang masih menyala dan dibiarkan tanpa pengawasan. Awasi penggunaan api dan jangan pernah meninggalkan api menyala di dekat barang-barang yang mudah terbakar untuk mencegah kebakaran.
  3. Gunakan peralatan elektronik sewajarnya dan sesuai prosedur
    Jangan membiasakan diri menggunakan listrik paralel karena mudah memicu hubungan arus pendek. Begitu pula dengan menyalakan peralatan elektronik dalam waktu yang sangat lama. Selain membuat tagihan listrik meningkat, juga bisa membuat
    peralatan elektronik overheat sehingga memicu hubungan arus pendek.

Peralatan yang harus disiapkan sebagai pengaman ekstra:

  1. Siapkan alat pemadam api ( Tabung pemadam kebakaran ukuran portable)
    Alat ini selalu siap stay di rumah yang kualitasnya diperiksa secara berkala. Kebakaran kecil dapat segera dipadamkan dengan alat pemadam api ini.
  2. Pasang alat pendeteksi asap
    Alat detektor asap akan berbunyi jika ada asap
    “Tak ada asap kalau tak ada api” bukan hanya sekadar pribahasa. Asap yang dideteksi secara dini mampu menyelamatkan Anda dari kebakaran yang besar.
  3. Simpan barang berharga di dalam brankas tahan api
    Brankas Tahan Api Dengan Kunci Biometrik
    Karena bencana tak dapat dihindarkan, maka kita harus siap menjaga barang-barang berharga di tempat yang paling aman. Gunakan brankas tahan api untuk menyimpan barang-barang dan dokumen berharga Anda agar tidak ikut dilalap si Jago Merah. Pilih brankas yang tahan api dan air yang memiliki sistem kunci yang baik dan tahan api hingga waktu yang cukup lama.

Kini Anda sudah mengetahui cara mencegah kebakaran di rumah serta peralatan yang harus disiapkan sebagai pengamanan ekstra jika kebakaran terjadi. Tak perlu khawatir berlebihan, yang terpenting adalah Anda tetap waspada dan siap menjaga keamanan rumah Anda dari bahaya kebakaran.

By Dany#Datin