19 Mei 2024

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA BATAM

PANTANG PULANG SEBELUM API PADAM WALAU NYAWA TARUHANYA

PENANGANAN KEBAKARAN PEMUKIMAN DI PULAU BULUH KECAMATAN BULANG

3 min read

DISKARMAT KOTA BATAM- Penanganan Kebakaran di Pulau Buluh RT.06, RW.02 Kelurahan Pulau Buluh Kecamatan Bulang, Rabu Pagi (19/7/23).

Kebakaran terjadi pada pukul 05.45 WIB atau Rabu pagi pada hari ini. Dengan jumlah korban dilaporkan sebanyak 33 jiwa, 13 kepala keluarga dan10 unit rumah tinggal hangus terbakar serta 1 orang korban meninggal dunia wanita dengan usia 73 tahun atas nama Sui Eng.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam, turun kelokasi kebakaran memadamkan api dari sumber air laut dengan mengunakan 2 unit pompa apung portable.

Kebakaran dapat diatasi pada pukul 09.00 WIB oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam.

Di lokasi kebakaran proses pemadaman langsung di pimpin Kepala Dinas Pemadam Kabakaran dan Penyelamatan Kota Batam (Drs. AZMAN, MP), dengan membawa personil terdiri dari 2 Pos Pemadam kebakaran sei panas juga tembesi.

Pasca kebakaran Kepala Dinas mendampingi Walikota Batam dan Wakil Gubernur Kepri berkunjung dan melihat meninjau kelokasi terjadinya kebakaran serta bertemu langsung dengan para korban musibah kebakaran.

Berikut Himbauan singkat tentang pencegahan dini tentang kebakaran pemukiman dan lingkungan :

Kebakaran merupakan momok yang sering menghantui kita, karena meskipun kita bisa mencegah kebakaran tetapi musibah tak pernah bisa diprediksi kehadirannya. Kerugian kebakaran juga bisa tak hanya berupa materi, namun juga kerugian nonmateri. “Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih.”

Begitulah kiranya yang dapat digambarkan ketika terkena musibah. Untuk itu, ada baiknya kita menyimak langkah-langkah mencegah kebakaran dan peralatan apa saja yang harus disiapkan sebagai pengamanan ekstra dari bahaya kebakaran jika musibah datang menghampiri.

Cara mencegah kebakaran di rumah sebagai berikut :

  1. Menjauhkan alat pemantik dan barang-barang yang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak.
    Karena rasa ingin tahu yang besar, anak-anak seringkali mengabaikan bahaya yang mungkin saja terjadi jika mereka memainkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di jangkauan mereka. Untuk mencegah kebakaran di rumah, simpanlah segala macam alat pemantik dan barang-barang yang mudah terbakar seperti korek api, rokok, lilin, peralatan elektronik agar tidak mudah dijangkau anak-anak.
  2. Menjauhkan sumber api dengan barang-barang mudah terbakar
    Lilin yang menyala di dekat tirai sangat mudah menimbulkan bahaya kebakaran, begitu pula dengan rokok yang masih menyala dan dibiarkan tanpa pengawasan. Awasi penggunaan api dan jangan pernah meninggalkan api menyala di dekat barang-barang yang mudah terbakar untuk mencegah kebakaran.
  3. Gunakan peralatan elektronik sewajarnya dan sesuai prosedur
    Jangan membiasakan diri menggunakan listrik paralel karena mudah memicu hubungan arus pendek. Begitu pula dengan menyalakan peralatan elektronik dalam waktu yang sangat lama. Selain membuat tagihan listrik meningkat, juga bisa membuat
     peralatan elektronik overheat sehingga memicu hubungan arus pendek.

Peralatan yang harus disiapkan sebagai pengaman ekstra:

  1. Siapkan alat pemadam api ( Tabung pemadam kebakaran ukuran portable)
    Alat ini selalu siap stay di rumah yang kualitasnya diperiksa secara berkala. Kebakaran kecil dapat segera dipadamkan dengan alat pemadam api ini.
  2. Pasang alat pendeteksi asap
    Alat detektor asap akan berbunyi jika ada asap
    “Tak ada asap kalau tak ada api” bukan hanya sekadar pribahasa. Asap yang dideteksi secara dini mampu menyelamatkan Anda dari kebakaran yang besar.
  3. Simpan barang berharga di dalam brankas tahan api
    Brankas Tahan Api Dengan Kunci Biometrik
    Karena bencana tak dapat dihindarkan, maka kita harus siap menjaga barang-barang berharga di tempat yang paling aman. Gunakan brankas tahan api untuk menyimpan barang-barang dan dokumen berharga Anda agar tidak ikut dilalap si Jago Merah. Pilih brankas yang tahan api dan air yang memiliki sistem kunci yang baik dan tahan api hingga waktu yang cukup lama.

Kini Anda sudah mengetahui cara mencegah kebakaran di rumah serta peralatan yang harus disiapkan sebagai pengamanan ekstra jika kebakaran terjadi. Tak perlu khawatir berlebihan, yang terpenting adalah Anda tetap waspada dan siap menjaga keamanan rumah Anda dari bahaya kebakaran.

Admin_@Diskarmat23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *