9 Mei 2024

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA BATAM

PANTANG PULANG SEBELUM API PADAM WALAU NYAWA TARUHANYA

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam Mengadakan Pelatihan Tanggap Bencana Rumah Tangga

2 min read

Diskarmat Kota BatamWakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi sekaligus Ketua Tim Pengerak PKK Tingkat Kota Batam didampingi oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam [ Drs Azman, MP ] membuka Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana dalam rumah tangga di hotel golden view Bengkong. Selasa, 10 Oktober 2023.


Pelatihan ini diikuti sejumlah perwakilan di 11 kecamatan, Redkar dan Karang Taruna. Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi
menyampaikan bahwa peristiwa bencana apapun tidak ada yang meminta. Namun, semua harus siap menghadapi jika peristiwa itu terjadi. Karena itu, perlu pelatihan untuk tanggap bencana dalam rumah tangga ini.

“Semoga dengan pelatihan ini, bisa meningkatkan kapasitas dan pemahamannya terhadap kedaruratan bencana di wilayah masing-masing.

Kegiatan pelatihan keluarga tanggap bencana rumah tangga ini dilaksanakan bertujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan para peserta pelatihan tentang tangap bencana rumah tangga dalam hal tentang kebakaran
  2. Tersedianya SDM terlatih tanggap kebakaran dalam rumah tangga
  3. menciptakan upaya upaya pencegahan kebakaran untuk mencapai lingkungan ramah.

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan tanggap bencana dalam rumah tangga ketika terjadi bencana kebakaran diwilayahnya dan dapat ditangani secara bersama sama dengan baik sehingga dapat menimalisir terjadinya korban, baik korban harta benda maupun nyawa.
Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam hal pencegahan kebakaran, sehingga nantinya dapat berkerja sama dengan petugas pemadam kebakaran di wilayah masing masing untuk memberikan edukasi kepada tetangga yang terdekat dengan kita. Tularkan, sebarkan ilmu dan keahlian para peserta kepada keluarga dan warga sekitarnya. Sebagai wujud kesiapsiagaan, kita tentu tidak berharap kebakaran itu terjadi, tetapi bukan bearti kita boleh lengah dan abai terhadap berbagai kemungkinan dan potensi kebakaran yang terjadi.
Dalam tanggap dan siaga bencana rumah tangga tentu menyakini bahwa pemerintah tidak dapat bergerak sendirinya tapi di perlukan sinerginitas dan gerak bersama seluruh stakeholder dan masyarakat termasuk para peserta di wilayah masing masing.
Selain itu yang tak kalah penting adalah upaya kita untuk menjaga alam yang kita tempati tetap lestari, alam akan memberikan aksi dan reaksi sesuai apa yang kita lakukan, jika kita mau menjaga alam tentu kemanfaatan yang kita dapatkan dan sebaliknya jika kita abai dan melakukan berbagai keburukan maka kerugianlah yang akan didapatkan.

Hasil yang dapat diharapkan,
Adanya upaya pencegahan, pengendalian, pengawasan dalam penanggulangan kebakaran terhadap dalam keluarga dalam suatu komunitas lingkungan yang sudah terlatih dan terampil dalam penangganan dan pencegahan untuk menimalisir jumlah korban jiwa maupun materil.

By Admin_@ Diskarmat 23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *