8 September 2024

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA BATAM

PANTANG PULANG SEBELUM API PADAM WALAU NYAWA TARUHANYA

ORIENTASI BAGI PETUGAS P3K DISDAMKARMAT KOTA BATAM

3 min read

DISDAMKARMAT KOTA BATAM – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja Di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (P3K Damkar) mengikuti kegiatan orientasi, Selasa (14/5/2024).

Pembukaan acara bertempat di Pos Pemadam Kebakaran Tembesi yang di buka langsung oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batam ( Drs. Azman, MP ).

“P3K saya minta konsisten, kalau sudah masuk harus disiplin,” tegasnya.

Lalu mempelajari dengan baik apa yang menjadi tugas-tugas damkar dan penyelamatan karena kebakaran dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Damkar tidak berharap hanya duduk di kantor tapi bisa action saat terjadi kebakaran untuk menyelesaikan masalah,” lanjutnya.

Dengan beban kerja seperti itu maka P3K Damkar diminta dapat memusatkan pikiran, waktu dan tenaganya agar tugas yang diterima dapat dilaksanakan dengan tenang dan sukses

“Alhamdulillah kalian sudah terangkat, tolong ditekuni, tolong dinikmati, laksanakan tupoksi dan jangan pernah berpikir untuk pindah,” pungkasnya memotivasi P3K Damkar yang jadi peserta orientasi.

Manfaat Orientasi

Ada beberapa manfaat orientasi yang perlu kita ketahui, Berikut adalah penjelasan nya:

1. Memberikan Informasi

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari adanya orientasi adalah sebuah proses pemberian informasi yang ditujukan untuk berbagai pihak baru secara singkat dan akurat. Biasanya, orientasi dilakukan dalam kurun waktu yang singkat, sehingga berbagai macam hal yang kompleks tidak dijelaskan dan dipraktikkan secara lebih lengkap. Akan tetapi, secara khusus pemahaman tentang hal tersebut sudah digambarkan secara efektif dan singkat.

2. Mendorong Kepercayaan Diri

Pada dasarnya, orientasi merupakan masa atau fase dimana seseorang ataupun sekelompok orang dapat membangun rasa percaya diri untuk masuk ke dalam suatu institusi baru. Hal tersebut dikarenakan orientasi bertujuan untuk mengenalkan kepada mereka mengenai institusi baru. Sehingga hal itu akan merapatkan jarak antar anggota yang tadinya masih bersekat.

3. Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya rasa percaya diri, seseorang ataupun kelompok individu akan mempunyai pondasi yang kuat untuk bekerja dan berkarya secara produktif. Hal tersebut adalah salah satu manfaat dari adanya orientasi yaitu supaya sekelompok individu tadi bisa bekerja dengan orang-orang yang sudah lama bergabung secara lebih sinergis dan harmonis tanpa adanya sekat dan juga tendensi negatif lainnya.

4. Meningkatkan Retensi

Manfaat yang umum kita peroleh dari adanya orientasi adalah meningkatkan retensi seseorang ataupun sekelompok individu baru dalam suatu institusi. Orientasi bisa membuat orang-orang baru mempunyai alasan untuk bertahan dengan kuat dan tetap berada di dalam sebuah institusi tersebut.

5. Membentuk Komunikasi

Manfaat selanjutnya dari adanya orientasi adalah membentuk komunikasi. Hal tersebut nantinya mempunyai relevansi atau keterkaitan dengan produktivitas dan juga kolaborasi antar individu dalam sebuah institusi. Baik itu bidang pendidikan maupun dunia kerja. Orientasi tersebut akan membentuk suatu ruang komunikasi awal untuk para anggota baru. Sehingga proses relasi akan terbentuk secara alami.

Tujuan Orientasi

berikut ini adalah beberapa tujuan orientasi yang perlu kita pahami:

1. Ruang Belajar

Tujuan utama dari adanya orientasi yaitu sebagai media belajar untuk anggota baru dalam mempelajari sebuah institusi ataupun organisasi baru. Pembelajaran tersebut tidak hanya berkaitan dengan nilai-nilai, aturan, dan berbagai hal abstrak lainnya. Namun juga orientasi spasial berkaitan dengan ruang seperti bagian-bagian bangunan dimana institusi itu berada. Pengenalan dalam suatu institusi juga dilakukan secara kompleks supaya orang-orang mempelajarinya secara holistik.

2. Ruang Kolaborasi

Di dalam orientasi, baik itu di ranah pendidikan ataupun dunia kerja, biasanya dilakukan pengelompokan tertentu yang diberi berbagai macam tugas kelompok. Hal tersebut dilakukan bukan untuk merepotkan individu tersebut supaya mengerjakan banyak tugas. Tapi justru bertujuan untuk membangun ruang kolaborasi antar individu untuk bekerjasama. Tujuan dari orientasi yang satu ini mempunyai manfaat yang berkelanjutan, dimana nantinya orang-orang yang baru bergabung akan bekerja sama dalam hal capaian pendidikan ataupun tujuan dari sebuah kedinasan.

3. Ruang Relasional

Tujuan dari adanya orientasi yang terakhir adalah untuk membentuk ruang relasional untuk para individu baru supaya bisa membangun hubungan dengan orang-orang baru. Relasi disini sangat penting untuk dunia kerja. Di luar urusan mengenai pekerjaan, relasi bisa berdampak pada pengembangan individu ataupun pengembangan diri dan keperluan lainnya.

Secara umum, orientasi mempunyai tujuan dan maksud positif untuk individu ataupun kelompok baru di sebuah institusi yang akan mereka masuki. Orientasi bisa membuat orang-orang baru merasa lebih nyaman dan membentuk sense of belongin pada suatu institusi secara khusus. Untuk kamu yang pernah mengalami masa orientasi di dalam suatu institusi pendidikan.

By Admin DISDAMKARMAT@24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DD