27 April 2024

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA BATAM

PANTANG PULANG SEBELUM API PADAM WALAU NYAWA TARUHANYA

Penanganan Serangga Tawon Vespa oleh Damkar Kota Batam .

2 min read

Berdasarkan laporan masyarakat mkgr Kel kibing kec batu aji, mengenai sarang tawon yg sudah meresahkan warga setempat Kadis damkar kota Batam Drs. Azman, MP Langsung mengintruksikan kepada kasi ops damkar dan dibantu oleh mobil crane dari Perkimtan untuk melakukan pemusnahan penanganan sarang tawon tsb.
Petugas pemadam kebakaran yg juga kini bertugas menangani serangga tawon dan memikiliki cara dalam memusnahkan sarang tawon tsb.
Kasi OPS ( Samsudi) mengatakan pihaknya memiliki dua cara dalam melakukan ini. Pertama cara manual, yakni ketika sarang tawon mudah dijangkau dengan cara manual, berarti petugas langsung mendekat dan menyemprotkan cairan bahan pertalixe kedalam lubang lubang sarang tawon tsb dalam beberapa menit tawon akan mati, kata Samsudi OPS .
Cara kedua mengunakan metode pembakaran ,karena lokasinya susah dijangkau berada diketinggian itu harus mengunakan crane.
Menurut pk Samsudi OPS data yg dihimpun dalam beberapa bulan belakangan ini sudah banyak laporan warga tentang sarang tawon tsb, dan dalam hal ini yang sudah kami esekusi yg kelima kalinya, menurutnya ada empat laporan lagi yang mengantri utk diesekusi.
Eseskusi sarang tawon di mkgr adalah laporan warga setempat yg bernama Inisial Hsb, karena sarang tawon tsb sudah meresahkan warga sekitarnya dan apalagi lokasi sarang tawonnya berada ditengah tengah pemukiman padat penduduk ujarnya.
Kegiatan eksekusi ini didamping oleh lurah setempat(Irwan) dan dibantu oleh perangkat RTRW setempat .
Akhir evakuasi sarang tawon tsb kami dari perangkat rtrw dan warga setempat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Batam dalam hal ini bapak walikota Batam dan kadis damkar kota Batam serta dari dinas Perkimtan bahwa evakuasi penanganan serangga tawon berjalan dengan lancar , sehingga warga kami disini tidak perlu resah lagi dan sudah nyaman, by Dany damara#Datin.