6 Desember 2022

DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA BATAM

PANTANG PULANG SEBELUM API PADAM WALAU NYAWA TARUHANYA

Medical Chek Up/ Pemeriksaan kesehatan Bagi Karyawan/i Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam

1 min read

Medical Chek Up Bagi Karyawan/i Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Batam. Senin Pagi,30 Mei 2021.

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan ini, diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini. Tes ini sekaligus berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang.

Sebelum rangkaian pemeriksaan dilakukan, diberikan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada kondisi kesehatan saat ini dan yang terdahulu. Setelah pengisian kuesioner selesai, perlu memberi tahu dokter daftar obat, suplemen, atau produk herbal yang sedang digunakan.

Saat medical check up, akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan, yang meliputi konsultasi mengenai keluhan yang sedang dirasakan, pencatatan dan pemeriksaan berkaitan dengan riwayat kesehatan, serta pemeriksaan tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum.

Berikut ini adalah tujuan dilakukannya medical check up:

  1. Mengetahui kondisi kesehatan terkini.
  2. Mendeteksi penyakit yang tidak disertai gejala
  3. Mengetahui risiko-risiko penyakit yang mungkin bisa muncul di kemudian hari
  4. medical check up dianjurkan menjadi pemeriksaan kesehatan rutin, khususnya pada kondisi tertentu. Pasien dapat berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi kesehatan kapan saja, tanpa harus menunggu timbulnya penyakit.

Medical check up disarankan untuk dilakukan setiap 1 tahun, terutama bagi seseorang yang berusia di atas 50 tahun. Sementara, untuk pasien yang memiliki kondisi khusus, seperti sedang mengonsumsi obat, medical check up dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan oleh dokter.

By dany#Datin